.:: FORUM BETAWI REMPUG ::.

            >>> Korwil Kota Tangerang <<<

Sebagai bentuk perhatian kepada warga Betawi di Jakarta.

Untuk menjadikan budaya Betawi sebagai tuan rumah budaya nusantara di Kota Jakarta, Pemprov DKI akan menggelar Karnaval Ondel-Ondel megah pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke 486.


Gubernur DKI Jakarta Jokowi menegaskan kota Jakarta sebagai pusat kebudayaan nusantara harus menjadikan budaya Betawi sebagai tuan rumah.

Karena itu, pada tanggal 22 Juni 2013 mendatang, HUT Kota Jakarta, Pemprov DKI akan menggelar karnaval khas Betawi.

"Untuk menyambut HUT DKI Jakarta 486 mendatang saja, saya sudah punya rencana besar, yakni membuat karnaval budaya terbesar dengan memfokuskan pada Ondel-ondel. Saya mau angkat satu poin saja, yakni ondel-ondel  yang akan kita besarkan. Jangan sampai Jakarta kalah dengan Singapura, Sydney, atau Malaysia," kata Jokowi saat Silaturahmi Gubernur dengan  Pengurus RT, RW, LMK, Dewan Kota Kabupaten dan PKK serta Lembaga Kemasyarakatan Tahun 2012 di Istora Senayan, Minggu (2/12).

Dengan begitu, budaya ondel-ondel yang merupakan budaya dan seni tari dari Betawi tidak hanya dikenal oleh warga Jakarta dan rakyat Indonesia, tetapi juga dapat dikenal oleh wisatawan mancanegara. Budaya ondel-ondel dapat mendunia dan dikenal oleh seluruh bangsa di dunia.

Selain menggelar karnaval ondel-ondel terbesar di Indonesia, Jokowi juga  akan  mengeluarkan kebijakan mengganti seragam PNS dengan pakaian khas Betawi.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatiannya kepada warga Betawi di Jakarta. Direncanakan pakaian khas Betawi tersebut akan dikenakan setiap Rabu mulai tahun depan.

Untuk memulai kebijakan tersebut, pihaknya sedang melakukan kajian sehingga penerapannya dapat  berjalan baik kedepan dan menangkat harkat martabat warga Betawi.


Sumber : http://www.beritasatu.com

0 komentar:

Posting Komentar