.:: FORUM BETAWI REMPUG ::.

            >>> Korwil Kota Tangerang <<<

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta memperkenalkan budaya Betawi kepada generasi muda melalui `Enjoy Jakarta Music Festival`. Festival ini akan diadakan di Museum Fatahillah pada tanggal 5 Desember 2009 mendatang dengan menampilkan musik dan berbagai macam kesenian Betawi.

Festival itu akan menampilkan beberapa band lokal seperti Naif dan Jiung Band. Selain itu, tampil pula beberapa band pendatang baru, seperti One Foot Japan, Mazagi, Defour Chamber, serta musisi anak jalanan dari Yayasan Himata.

Selain itu, berbagai kesenian Betawi juga ditampilkan seperti Gambang Kromong, Tanjidor, Ondel-ondel, Kasidahan, Rebana Biang, Samra, dan Tari Nandak Ganjen. "Tak hanya itu, beragam sovenir dan kuliner Betawi juga akan ditampilkan dalam festival ini," ujar Tinia Budiati, Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Senin (30/11).

Tinia Budiati mengatakan, festival ini akan digelar mulai pukul 09.00 hingga 22.00. "Melalui `Enjoy Jakarta Music Festival` ini diharapkan mampu menggugah dan merangkul generasi muda untuk lebih mencintai dan menyosialisasikan budaya Betawi," ungkapnya.

Sementara yang menjadi ikon dalam festival ini adalah almarhum Benyamin Sueb. Menurut Tinia, legenda Betawi ini merupakan tokoh paling tersohor karena telah menghasilkan lebih dari 75 album musik, dan 53 judul film sepanjang karirnya. "Almarhum Benyamin adalah inspirator untuk membangkitkan seni dan budaya Betawi yang mulai ditinggalkan seiring pengaruh budaya barat di era globalisasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar