.:: FORUM BETAWI REMPUG ::.

            >>> Korwil Kota Tangerang <<<

Pada masa sekarang ini, kerak telor sudah menjadi makanan langka yang sulit untuk dapat dijumpai dalam keseharian, maka sudah pula seharusnya ada tindakan pelestarian.

Sajian kerak telor terdiri dari beras ketan dan telur, pilihan telur bisa memilih telur bebek/telur ayam. Ditambah ebi (udang kering yang diasinkan) dan disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula butiran/pasir.

Kerak telor dimasak di atas tungku bara yang diberi arang kayu di bawahnya, dan dimasak sedikit gosong, mungkin ini yang menjadi dinamakan kerak telor.

Usaha jajanan Kerak Telor tampaknya tergeser oleh jajanan modern dan penganan lain yang jauh lebih mudah proses pembuatan dan juga jajanan khas modern dengan proses pengolahan yang serba cepat dan siap saji.

Dengan menggunakan pikulan yang dijajakan keliling, semakin membuat Kerak Telor sulit untuk dapat bersaing. Usaha nyata telah dilakukan untuk mengupayakan pelestarian jajanan tradisional ini, antara lain dengan mengundang banyak pedagang tradisional ini untuk mendampingi event besar, seperti Pekan Raya Jakarta Fair atau Festival Palang Pintu di Kemang misalnya.

Usaha lain dilakukan dengan mengikutsertakan dan memberikan tempat tersendiri bagi mereka dalam beberapa event yang berhubungan dengan makanan.

Salah satu contoh usaha pelestarian ini juga dilakukan dengan merubah penampilan pedagang dan pikulannya, agar tampil lebih modern. Bahkan kini ada kerak telor rasa BBQ, ayam, keju, pedas dan lain-lain
 

RESEP KERAK TELOR

Bahan :
100 gr beras ketan putih, dicuci bersih dan direndam dengan air kurang lebih 2 jam
4 butir telur bebek
4 sdm bawang goreng
4 sdm serundeng
4 buah cabai rawit, iris halus
2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir
4 sdm ebi bubuk


Cara membuat :

Panaskan penggorengan kerak telur hingga cukup panas.
Masukkan satu sendok makan sayur ketan yang sudah direndam beserta airnya (sekitar 50 gr), tutup dan masak kurang lebih 2 – 3 menit.
Buka tutupnya, kemudian beri 2 butir telur, 2 sdm bawang goreng, 2 sdm serundeng, 2 sdm ebi, 2 buah cabai rawit, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk dan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata.
Ratakan disisi penggorengan kurang lebih berdiameter 20 cm, tutup dan masak kembali hingga harum
Balik penggorengan kerak telur hingga terjilat api dan permukaan atas harum terbakar.
Lalukan cara yang sama untuk bikin kerak telur yang berikutnya. Sajikan.


Sumber : www.swarakalibata.com

2 komentar:

Rizal FBR mengatakan...

Makanan ringan khas betawi yang udah jarang ada. Mudah2an dengan informasi dari bang admin, kerak telor makanan khas betawi ini udah gampang lagi ditemuin. Kalo ga ada, kan bisa bikin sendiri. Tks bang admin.

Unknown mengatakan...

Mau nanya ni..
Bisa gk di masak dgn kompor biasa,..

Posting Komentar