.:: FORUM BETAWI REMPUG ::.

            >>> Korwil Kota Tangerang <<<

Indonesia begitu kaya dengan berbagai macam makanan tradisional. Tapi sayangnya seiring perkembangan zaman, banyak makanan tradisional yang terlupakan bahkan ada yang hampir punah, salah satunya Babanci. Babanci adalah makanan tradisional Betawi yang saat ini sudah semakin langka ditemui atau bisa dibilang hampir punah. Sekilas rupa Babanci seperti soto dengan kuah lebih kental.

Masakan ini berbahan daging, santan, kelapa sangrai, dan kelapa muda. Bumbunya terdiri dari kunyit, jahe, kemiri, terasi, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, laos, salam, dan cabai.

Ciri khas masakan ini adalah taburan serutan kasar kelapa muda di atasnya. Daging kelapa muda yang segar membuat rasa sayur yang berbumbu kental ini jadi lebih ringan. Tekstur kelapa muda yang lembut juga bisa mengimbangi tekstur daging yang kasar.

Mungkin salah satu alasan langka dan hampir punahnya Babanci karena bahan-bahan untuk membuat sayur ini sudah sulit ditemukan di Jakarta, seperti temu mangga, kedaung, bangle, adas, dan lempuyang.

Untuk membuat sayur ini memang butuh keahlian khusus. Sehingga, penyajiannya betul-betul sempurna. Selain harus memberikan ramuan bumbu yang pas, juga membutuhkan kesabaran dalam pembuatannya. Mulai dari meracik bumbu, memotong-motong daging kepala sapi, mengerok isi kelapa muda, hingga merebus daging kepala sapi itu sendiri.

Saat disajikan, makanan ini dijadikan sebagai sayur yang ditemani sejumlah lauk-pauk pada umumnya, seperti tempe, tahu, dan kerupuk. Ada pula yang menambahkan sambal untuk menambah kelezatan makanan ini.

Bahan-bahan :

>>  3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan :

>>  3 buah cabai merah
>>  2 cm kunyit sangrai
>>  2 cm jahe
>>  1 cm temu kunci
>>  4 butir kemiri, sangrai
>>  1 sdt ketumbar
>>  ½ sdt merica butir
>>  ½ sdt adas manis
>>  ½ terasi, goreng
>>  2 cm lengkuas, memarkan
>>  2 lembar daun salam
>>  500 gram daging sapi bagian sandung lamur, potong dadu
>>  100 gram kelapa parut kasar, sangrai
>>  2 sdt garam
>>  1 ¼ liter santan dari 1 butir kelapa
>>  1 butir kelapa agak muda, keruk daging buahnya kasar-kasar

Cara Membuat :

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, dan daun salam sampai harum. Masukkan daging, aduk-aduk sampai daging berubah warna.

Kemudian tuang santan, aduk rata, rebus sampai daging empuk dan santan mengental. Angkat, masukkan daging kelapa muda, aduk rata, sajikan.


Sumber : http://www.untukku.com
Resep   : http://kitabmasakan.com

1 komentar:

Tukang Rempug mengatakan...

Salut dah buat ne admin, mudah2an terus ngasih kite pengetahuan dalam hal khas-khas ala betawi.

Posting Komentar